Netiquette
kepanjangan dari Network + etiquette merupakan Etika dalam menggunakan
Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang
akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini
menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan
aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat
banyak dan terbuka. Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
Amankan dulu
diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, mungkin dapat dimulai
dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal
firewall.
Jangan
terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengupload
data pribadi anda. ada baiknya anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL
yang anda tuju adalah dijamin keamanannya.
- dan yang paling utama adalah,
hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:Jangan biasakan
menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
- Jangan berusaha untuk
mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalnya melakukan
kejahatan pencurian no kartu kredit
- Jangan berusaha
mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang
sebenarnya terbatas.
- Jangan menggunakan huruf
kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada
komunitas sesungguhnya.
- Jangan flamming, trolling,
junking saat berforum.
Istilah yang
dikenal sebagai 'netiket' atau nettiquette. Netiket adalah etika dalam
berkomunikasi dalam dunia maya, di bawah ini khusus untuk berkomunikasi dalam
sebuah forum/milis. Tulisan ini diadaptasi dari beberapa sumber dan juga
pengalaman pribadi penulis tatkala mengikuti sebuah forum/milis.
- Jangan Gunakan Huruf Kapital
Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan
dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang
emosi, marah atau berteriak. Tentu sangat tidak menyenangkan tatkala Anda
dihadapkan dengan lawan bicara yang penuh dengan emosi bukan? Walau begitu, ada
kalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi penegasan maksud. Tapi yang
harus dicatat, gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata
dan jangan sampai seluruh kalimat/paragraf. Seperti halnya membaca suratkabar,
atau surat, membaca pesan e-mail yang menggunakan huruf besar/kapital yang
berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di samping itu, terutama dalam tata krama
berkomunikasi dengan email/chat, penggunaan huruf besar [kapital] biasanya
dianggap berteriak. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi tekanan pada
maksud Anda.
- Kutip Seperlunya
Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan
seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja
yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang
tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa
membebani bandwith server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses
ke forum menjadi terganggu.
- Perlakuan Terhadap Pesan
Pribadi
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada
anda secara pribadi (private message), Anda tidak sepatutnya
mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum umum.
- Hati-hati terhadap informasi/
berita hoax
Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar
adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para
kebanyakan netter. Maka, sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih dahulu
bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka
anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan
orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.
- Ketika 'Harus' Menyimpang Dari
Topik (out of topic/ OOT)
Ketika Anda ingin menyampaikan hal yang diluar topik
(OOT) berilah keterangan, supaya subject dari diskusi tidak rancu. Tiap
milis/forum tentu memiliki peraturan khusus mengenai obyek bahasan yang
diperkenankan. Sehingga tatkala anda ingin menyampaikan/meminta sebuah
informasi di luar topik yang telah ditentukan, sepatutnya sertakan pula tanda
khusus pada kolom subyek e-mail anda agar anggota milis yang lain tidak
terkecoh dengan isi e-mail anda. Contohnya, ketika ingin menyampaikan saran
untuk BEM:[OOT] Saran untuk BEM Perguruan Tinggi ASIA.
- Hindari Personal Attack
Ketika anda tengah dalam situasi debat yang sengit,
jangan sekali-kali Anda menjadikan kelemahan pribadi lawan sebagai senjata
untuk melawan argumentasinya. Sebab, ini hanya akan menunjukkan seberapa
dangkal pengetahuan anda. Lawan argumentasi hanya dengan data/fakta saja,
sedikit langkah diplomasi mungkin bisa membantu. Tapi ingat, jangan sekali-kali
menggunakan kepribadian lawan diskusi sebagai senjata sekalipun ia adalah orang
yang Anda benci. Budayakan sikap Diskusi yang sehat, bukan debat kusir.
- Kritik dan Saran yang Bersifat
Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message), Jangan mengkritik seseorang di
depan forum. Ini hanya akan membuatnya rendah diri. Kritik dan saran yang
diberikan pun harus bersifat konstruktif, bukan destruktif. Beda bila
kritik dan saran itu ditujukan untuk anggota forum secara umum atau pihak
moderator dalam rangka perbaikan sistem forum, Anda boleh mempostingnya di
dalam forum selama tidak menunjuk orang per orang tertentu.
- Dilarang menghina Agama ,
Ada beberapa forum dalam Situs ini
yang memungkinkan terjadinya debat antar agama, atau debat antara Kristiani
sendiri yang berlainan denominasinya. Untuk itu diharapkan agar masing-masing
netter tidak menghina nama Tuhan, nama nabi, Kitab Suci, Denominasi dst. untuk
membenarkan keyakinannya sendiri.
- Cara bertanya yang baik :Khusus - Netiket di
SarapanPagi Biblika :
- Gunakan bahasa yang sopan.
- Jangan asumsikan bahwa Anda
berhak mendapatkan jawaban.
- Beri judul yang sesuai dan
deskriptif.
- Tulis pertanyaan anda dengan
bahasa yang baik dan mudah dimengerti.
- Buat kesimpulan setelah
permasalahan anda terjawab.
Dalam SarapanPagi Biblika ini, juga disediakan Forum
khusus yaitu FORUM TERBUKA - TANYA-JAWAB, Forum ini bukan sebagai debat antar
agama dengan mengkritisi agama lain. Tetapi sebagai diskusi yang baik yang
memberikan jawaban-jawaban dan alasan-alasan dari kepercayaan Kristiani. Untuk
itu Sahabat-sahabat SP mohon berdiskusi dengan santun penuh kasih dan menjadi
tuan rumah yang baik bagi saudara-saudara kita dari kalangan Muslim dan juga
kepercayaan lain.
- Jangan Membicarakan Orang Lain
Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi
kejelekan- kejelakannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. E-mail
memiliki fasilitas bernama "Forward", yang mengizinkan si penerima
akan meneruskannya (forward) ke orang lain.
- Jangan terlalu banyak mengutip
Hati-hati dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas
'Reply' dari sebagian besar program mailer biasanya akan mengutip pesan asli
yang Anda terima secara otomatis ke dalam isi surat Anda. Jika harus mengutip
pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang
tidak perlu, dan hanya menjawab bagian-bagian yang relevan saja.
Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan
seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja
yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang
tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa
membebani bandwith server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses
ke forum tersebut menjadi terganggu.
Ini berlaku juga untuk fasilitas reply pada e-mail,
terlebih jika anda aktif dalam suatu milis. Ketika anda meng-klik tombol
"Reply", umumnya sebagian besar program mailer akan menulis ulang
pesan asli yang anda terima secara otomatis ke dalam kotak surat anda. Jika
harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus
bagian-bagian yang tidak perlu, dan ambillah (sebagai kutipan) bagian yang
relevan dengan jawaban anda saja. Kutip Seperlunya saja.
- Menahan diri dari menggunakan huruf berwarna dan
gambar/warna background.
Pilihan warna akan mempersulit pemrosesan email, dan
bisa mengakibatkan sulit dibaca, sehingga isi yang ingin disampaikan tidak
sampai.
- Jangan gunakan CC (copy carbon)
Jika Anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang
(misalnya di mailing-list), usahakan atau hindari mencantumkan nama-nama pada
baris CC. Jika Anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima e-mail Anda,
akan bisa melihat alamat-alamat e-mail orang lain. Umumnya orang tidak suka
bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC (blind
carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat e-mailnya
sendiri.
- Jangan gunakan format HTML
Jika Anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan Anda,
jangan gunakan format HTML tanpa Anda yakin bahwa program e-mail rekan Anda
bisa memahami kode HTML. Jika tidak, pesan Anda sama sekali tidak terbaca atau
kosong. Sebaiknya, gunakan plain text.
- Jawablah
Secara Masuk Akal
Jawablah setiap pesan e-mail secara masuk akal. Jangan
menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail
yang panjang lebar, dan Anda menjawab dalam satu kata: "Good." Wah,
ini sangat menyebalkan.
- Sebaiknya
untuk efisiensi penggunaan kata, gunakan singkatan yang sudah lazim
digunakan
Untuk efisiensi penggunaan kata, frase atau istilah By
the Way (= ngomong-ngomong) bisa disingkat menjadi BTW. In My Opinion (=menurut
hemat saya) bisa disingkat IMO. Because (=karena) bisa disingkat menjadi 'coz.
Penggunaan kata sapa Bahasa Inggris misalnya, kalimat How are you?, bisa
diganti menjadi How R U? Kalimat "Menurut hemat saya" bisa diganti
menjadi IMHO (In My Humble Opinion) dan sebagainya.
- Jangan Kirim File (berukuran besar) Melalui
Attachment
Peraturan e-mail secara internasional melarang
transfer file melalui e-mail, apalagi di dalam milis. Jangan pernah
membayangkan, rekan anda atau anggota milis yang lain memiliki mailbox/hard
disk yang cukup seperti anda. Pada umumnya penyedia jasa internet (ISP) di
Indonesia 'hanya' memberi quota space 2-5 MB. Pengiriman file yang besar, akan
membuat proses downloading menjadi lamban, dan ini jelas menambah beban pulsa.
Saat file melebihi kuota, maka proses downloading
praktis terganggu. Jika ini terjadi, anda bisa dituduh telah melakukan
bomb-mail, yang di dalam dunia internet, dianggap sebagai tindakan kriminal.
Jika memang harus melakukan transfer file, sebaiknya
minta izin dulu, bahwa anda akan mengirim file, sekaligus jelaskan besar
file-nya. Setelah rekan anda setuju, barulah kirim melalui attachment. Tapi
untuk lebih amannya, gunakanlah situs yang khusus menyediakan jasa transfer
file ini. Selain praktis, semua rekan anda pun bisa menentukan pilihan, ingin
ikut mengunduh atau tidak, tanpa perlu risau e-mailnya terganggu. Toh sudah
banyak situs-situs gratisannya.
- Jujur Dalam Mencantumkan Sumber dan/atau Penulis
Jangan sekali-kali mengakui tulisan orang lain sebagai
hasil karya pribadi anda. Walaupun tulisan itu telah anda revisi sedemikian
rupa, namun mau tidak mau anda telah mengadaptasi dari milik orang lain. Oleh
karenanya, anda harus mencantumkan sumber referensi tersebut. Bila anda mengutip
dari sebuah situs, maka cantumkanlah nama/alamat situs tersebut. Begitupun bila
situs itu ternyata juga boleh mengutip dari sumber lain yang merupakan penulis
aslinya, maka anda harus mencantumkan kedua sumber tersebut, penulis asli dan
situs tempat anda mengutip.
- Bijaklah Ketika Hendak Meng-copy Sebuah Situs
Walaupun sangat mudah untuk mengintip source code
sebuah situs, tapi secara etika setidaknya anda komunikasikan terlebih dahulu
dengan web master yang bersangkutan. Malah, hal ini justru bisa memberikan
keuntungan lebih. Ketika sang web master menyambut baik 'permohonan ijin' anda
untuk mempelajari source code-nya dan ada hal yang tidak anda pahami, menjadi
sangat mudah untuk bertanya kepadanya.
Penggunaan Offline Browser Tools, seperti HTTRACK atau
Teleport juga harus memperhatikan beberapa hal, seperti:
* Apakah ada ketentuan Copyright?
* Apakah pemilik mengijinkan anda menyalinnya untuk
penggunaan pribadi? -> Jangan mengkomersilkan!
* Jangan sampai membebani bandwith server, baik
bandwith situs atau bandwith jaringan anda. Lebih-lebih jika anda mengunduh
dari tempat umum seperti warnet, maka sebaiknya jangan mengunduh pada
waktu-waktu sibuk. Pembebanan bandwith secara berlebihan akan membuat situs down
dan mengganggu akses pengguna lain dalam jaringan yang sama dengan anda.
* Jangan mencuri data yang bersifat pribadi seperti
e-mail atau data rahasia perusahaan yang memang tidak diperuntukkan konsumsi
publik.
- Menjawab dengan simple dan tidak menimbulkan
pertanyaan balik
Banyak orang yang menjawab pada thread tertentu
sepotong-potong atau dengan kata-kata bahasa planet sehingga menimbulkan
pertanyaan balik sampai-sampai keuar dari topik hanya untuk menanyakan hal baru
dari jawabah yang sepenggal atau bahasa planet itu. Saya kira bahasa lebih
bijaksana menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan lugas dan yang penting ga
mbulet serta tepat ringkas padat berisi yang jelas montok tidak ikut he he he.
- Jangan pernah memberikan nomor telepon atau personal
information orang lain tanpa persetujuan pihak terkait
- Gunakan Internet untuk mencari informasi yang
diperlukan. Gunakan search engine yang tepat
- Jangan gunakan “Return Receipt” untuk setiap
email yang dikirim. Seolah-olah kita ingin tahu apakah mereka membuka
email yang kita kirim
- Setiap orang masih belajar. Internet berubah
setiap hari, dan kita semua harus mempelajari perubahan yang ada
- Kalau menerima “nasty” email, jangan langsung
membalas
- Ingat bahwa email pribadi adalah hak cipta si
penulis. Jika ingin memforward email pribadi, sempatkan meminta izin dari
penulis
FAKTA UTAMA:
Para anggota
forum saling membantu satu dengan lainnya tanpa bayaran. Kebalikannya, justru
mereka mengorbankan waktu dan pikiran untuk menolong anda. Buatlah agar mereka
merasa tergerak untuk menjawab pertanyaan anda, dengan melakukan
langkah-langkah berikut ini.
PERSIAPAN SEBELUM BERTANYA
Coba baca
lagi dokumentasi/petunjuk produk tersebut baik-baik.
Coba cari
dahulu jawabannya dengan mencari di Internet (Google, dll).
Coba cari
jawabannya di arsip milis dari produk tersebut (jangan bertanya atas jawaban
yang sudah ada di arsip, karena itu hanya akan membuat orang jengkel kepada
anda!).
Dan
seterusnya, pada intinya; jangan lupa tunjukkan bahwa anda sudah berusaha untuk
memecahkan masalah tersebut. Karena jika anda tidak menyertakan bukti-bukti
usaha anda, maka orang lain cenderung melihat anda sebagai pemalas dan tidak
merasa tergugah untuk membantu anda.
Kemudian,
cari tahu tempat yang tepat untuk menanyakan pertanyaan anda tersebut.
Pertanyaan mengenai programming akan cenderung diabaikan, atau malah akan
mengundang kecaman, jika diposting di forum mengenai perangkat keras
(hardware).
Cross-posting
cenderung membuat orang menjadi malas menjawab pertanyaan anda (”Ah, paling
forum itu sudah menjawabnya..”). Kalaupun anda merasa betul-betul perlu untuk
memposting pertanyaan tersebut ke beberapa forum sekaligus, maka kirimlah
sebagai satu buah e-mail untuk setiap forum atau gunakanlah BCC seperti yang
sudah kita bahas sebelumnya.
KETIKA BERTANYA
Jangan
bertanya langsung ke individu. Bertanya ke forum/milis adalah lebih baik,
karena:
Jawaban dari
pertanyaan anda tersebut jadi bisa bermanfaat untuk banyak orang.
Jawaban dari
pertanyaan anda biasanya akan tersimpan di arsip forum tersebut, sehingga akan
terus bermanfaat bagi orang lain (muncul di hasil search Google, dll).
Poin-poin
diatas dapat menjadi insentif bagi para pakar/moderator di forum tersebut untuk
menjawab pertanyaan anda.
Anggota
forum dapat bekerja sama untuk membantu menjawab pertanyaan anda.
Dan, e-mail
yang dikirim langsung dari seseorang yang tidak dikenal cenderung membuat
penerimanya menjadi merasa terganggu.
CARA BERTANYA YANG BAIK
1. Gunakan
bahasa yang sopan.
Jika anda
menggunakan kata-kata yang kasar, adalah hal yang aneh jika kemudian anda heran
ketika tidak ada yang menjawab pertanyaan anda
Gunakan
kata-kata seperti “Apakah ada yang bisa membantu saya?”; “Terima kasih banyak
sebelumnya”, de-es-te.
Ingat bahwa
mereka tidak menerima bayaran untuk membantu anda, jadi setidaknya jangan lupa
mengucapkan terima kasih.
2. Jangan
asumsikan bahwa anda berhak mendapatkan jawaban.
Ingat FAKTA
UTAMA di atas.
Karena jika
anda telah berasumsi begini, maka anda hanya akan kecewa sendiri ketika tidak
mendapat jawaban, dan alih-alih berusaha introspeksi, anda malah marah-marah di
forum tersebut yang akibatnya semakin diabaikan oleh hadirin lainnya (atau kena
caci maki balik).
3. Beri
judul yang sesuai dan deskriptif.
Judul e-mail
seperti “Tolooongg!!!”, “Ada yang tahu?”, “Betulkah?” cenderung diabaikan,
karena memberikan kesan bahwa anda terlalu malas bahkan sekedar memberi judul
yang sesuai dengan isi e-mail.
Judul e-mail
seperti “Komputer restart sendiri setelah memasang Service Pack 2? akan
mempunyai kans/peluang yang lebih besar untuk dijawab.
4. Jelaskan
masalah anda secara detil berikut dengan data yang ada.
INGAT bahwa
para pakar di forum tersebut tidak bisa mengakses komputer anda, jadi sumber
informasi mereka hanya dari tulisan anda saja. Maka buatlah tulisan tersebut
selengkap dan sedetail mungkin.
5. Buat agar
e-mail anda informatif dan tidak asal panjang lebar.
Sehubungan
dengan poin diatas, melampirkan data-data yang tidak relevan sehingga membuat
e-mail anda menjadi sangat panjang justru akan membuat para pakar merasa segan
untuk menjawab pertanyaan anda.
(”Ya ampun
sudah lama-lama download e-mail dia ternyata isinya cuma beginian!?”) Delete!!!
6. Tulis
pertanyaan anda dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Penulisan
pertanyaan yang amburadul akan memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang
ceroboh, dan para pakar yang sibuk akan merasa segan untuk meluangkan waktunya
bagi anda.
7. Jangan
langsung mengklaim bahwa kesalahan ada pada pihak lain.
Kalimat
seperti “Ada bug di program akunting ini,” tanpa bukti yang kuat akan cenderung
membuat para pembuat program tersebut (yang jelas adalah para pakarnya) menjadi
tidak tertarik untuk menjawab pertanyaan anda, atau malah tersinggung.
Cukup
jelaskan saja bahwa anda menemukan suatu masalah di program tersebut, jangan
membuat klaim hal yang tidak bisa anda buktikan.
8. Jelaskan
dan paparkan masalahnya, bukan tebakan anda.
Jika anda
bukan pakar di bidang tersebut, maka kemungkinan besar tebakan anda salah, atau
malah menunjukkan kebodohan anda sendiri di depan umum.
9. Buat
kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab.
Setelah
pertanyaan anda terjawab/masalah terselesaikan, kirim satu e-mail/tulisan lagi
ke forum yang menjelaskan langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menyelesaikan
masalah tersebut. Selain akan memberi manfaat serta kemudahan kepada orang lain
yang memiliki permasalahan serupa tanpa perlu mengajukan pertanyaan yang sama,
ini akan meningkatkan kemungkinan dijawabnya pertanyaan anda berikutnya di
forum tersebut, karena para pakar forum akan menilai bahwa anda juga bisa
memberi balik/feedback (dan tidak hanya meminta). Umumnya mereka sangat
menghargai ini.
MENANGGAPI JAWABAN
Jawaban yang
menyelesaikan permasalahan anda tentu perlu dibalas, kecuali untuk mengucapkan
terima kasih. Namun bagaimana dengan jawaban:
1. RTFM atau
STFW.
Balasan
berupa sepatah kata RTFM (Read The Fine Manual) atau STFW (Search The Fine Web)
berarti bahwa anda telah melakukan kesalahan yang fatal.
Sebab bisa
jadi jawabannya sebetulnya sudah ada di dokumentasi produk tersebut (RTFM),
atau di Internet (STFW). Jangan tersinggung, karena ini fakta bahwa anda telah
melakukan kesalahan etika.
2. Jika ada
yang menjawab dengan kasar, biarkan saja.
Karena yang
menurut anda kasar, kadang justru adalah biasa di forum tersebut. Atau ada
alasan yang kuat mengapa balasannya seperti itu. Atau mungkin anda sedang emosi
sehingga balasan tersebut terasa kasar bagi anda. Dan berbagai kemungkinan
lainnya. Yang lebih bijak adalah menenangkan diri anda, dan lalu menjawab
balasan tersebut dengan kepala dingin. Jangan malah ikut emosional, timpali
dengan memberi data dan fakta saja.
Jika ada
jawaban yang tidak berkenan bagi anda, jangan tersinggung dan marah-marah
karena:
Kemungkinan
anda telah bertanya hal-hal yang memalukan anda sendiri (mengulang-ulang
pertanyaan yang telah ada di arsip milis), padahal kebanyakan forum dan milis
secara otomatis telah terarsip di grupnya masing-masing, dan ini bisa dilihat
oleh semua orang di dunia.
Para pakar
di forum tersebut akan mengingat anda sebagai orang yang tidak pantas untuk
dibantu di masa depan.
Kutip
“Tindakan
anda bertahun-tahun yang lalu dapat memalukan anda selama bertahun-tahun
setelahnya.”
Yang lebih
baik adalah anda introspeksi diri anda sendiri, apakah ada etika-etika bertanya
yang telah anda langgar? Jika rasanya anda telah cukup berhati-hati dan
berusaha, namun masih tetap dimaki-maki, berarti memang forum tersebut bukanlah
forum yang tepat. Tapi jangan malah dibalas, karena anda sendiri yang akan kena
getahnya. Cukup keluar dan cari saja forum lainnya. Dunia tidak selebar daun
kelor.
JIKA TIDAK ADA YANG MENJAWAB
PERTANYAAN
1. Jangan
tersinggung.
Mungkin
memang tidak ada yang mengetahui jawabannya. Tidak ada yang tahu jawabannya
bukan berarti anda diabaikan, walaupun memang sulit untuk membedakannya (karena
sifat komunikasi elektronik yang faceless).
2. Jangan
posting ulang pertanyaan anda.
Karena ini
hanya akan membuat orang lain di milis tersebut menjadi kesal (”Cerewet sekali
orang ini!”). Sebaliknya, carilah jawabannya di forum lain.
CONTOH-CONTOH PERTANYAAN YANG BAIK
DAN YANG SALAH
Salah:
Dimana saya
bisa temukan program X? -> (ya di Google, dodol!)
Baik:
Saya sudah
mencari program X di Google, tapi tidak ada yang relevan/justru ketemu
situs-situs mengenai produk Y. Apakah ada yang bisa membantu menunjukkan saya
informasi mengenai cara untuk menggunakan fasilitas Z di program X tersebut?
Salah:
Bagaimana
cara untuk install Linux? -> (RTFM!!!)
Baik:
Saya sedang
meng-install Mandrake versi 9.2, namun saat sedang mendeteksi network card
malah jadi hang. Network card saya merk D-link tipe TX530. -> (1. informasi
jelas, detail, dan relevan)
Saya sudah
coba cari di Google dan http://www.mandrakeuser.org/, namun tidak ada informasi
mengenai hal ini. -> (2. penanya jelas sudah berusaha, namun masih belum
berhasil juga)
Ada yang
tahu bagaimana solusinya?
Salah:
Motherboard
saya gak mau hidup, gemana nehhh…??!! -> (Lo mau bayar gue berapa
emangnya?!)
Baik:
Komputer saya
tidak mau hidup setelah saya pasangi card Radeon 9800XT. Ada bunyi bip 3 kali
sewaktu saya menekan tombol power. Sayang tidak ada informasi mengenai bunyi
bip ini di buku manual dan websitenya. Motherboard saya merek Epox tipe
XXX-321. Ada yang bisa membantu?
Salah:
Ketika anda
menghubungi pakar melalui PM:
“Tolong
bantu jawab permasalahan saya yang ada di forum donk!” -> (Jangan seenak lo
perintah2! Forum tuh punya ratusan thread, ribuan post, masalah mana yang lo
maksud?! Emangnya gue mantengin terus tuh forum! Kenal lo juga kagak!)
Baik:
Saya sudah
coba jalankan semua instruksi-instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan
masalah saya sebagaimana yang ada di thread ini
(http://alamatforum.com/thread/post.html), namun sepertinya tidak memberi
pengaruh tuh. Kira-kira kekurangannya dimana ya? Atau punya alternatif lain?
Kesimpulannya,
jangan pernah malas untuk memanfaatkan fasilitas Google secara maksimal.
Sekaranglah saatnya belajar memahami kondisi pada saat anda berada pada posisi
sebaliknya, yakni sebagai pihak penjawab.
1. Usahakan untuk memahami situasi
penanya.
Stress
karena masalah yang sedang dialami dapat membuat penanya menjadi tidak sengaja
membuat e-mail yang terbaca kasar/egois. Lebih bijak jika kita memahami, dan
membantu mereka.
2. Jawablah sesuai bagian
pertanyaan.
Jangan
menjawab dua-tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail
yang panjang lebar, dan anda menjawab hanya dalam satu kata: “Good.” Wah, ini
sangat menyebalkan. Inilah yang disebut jawaban one liner (pesan satu baris),
sesuatu yang dianggap tidak menghargai penanya.
3. Jika tidak tahu, katakan saja
tidak tahu!
Beda antara
diplomat dengan ilmuwan adalah bila ilmuwan berkata berdasarkan fakta, maka
diplomat bicara sesuai selera. Jawaban yang salah namun terkesan canggih justru
jauh lebih buruk daripada tidak ada jawaban sama sekali, karena akan
menyesatkan si penanya. Dan kemudian akan menjatuhkan reputasi anda sebagai
pakar di forum yang bersangkutan.
4. Jangan ejek seseorang karena
ketidaktahuannya. Ingat, anda dulu juga pernah bodoh seperti mereka. Jadi
jangan sombong!
5. Jika informasi yang ada kurang.
Jangan
segan-segan untuk bekerjasama dengan penanya sampai masalahnya terpecahkan.
Ingat ‘kan ketika dulu anda masih bodoh, dan orang-orang membantu anda dengan
senang hati? Bantuan anda kepada si penanya mudah-mudahan dapat membuatnya
menjadi pakar pula di kemudian hari, yang juga senang membantu orang lain yang
tidak tahu.
6. Saat memberi jawaban RTFM atau
STFW.
Walau memang
kadang-kadang pantas untuk dikenakan kepada penanya-penanya tertentu, namun
adalah jauh lebih baik jika anda bisa menyertakan link/URL ke website yang
relevan. Bahkan terkadang ’sekedar’ memberikan keyword yang tepat untuk
dimasukkan di Google sebetulnya adalah bantuan yang sangat berharga bagi sang
penanya!
7. Jika ada fasilitas FAQ
(Frequently Asked Questions) di forum anda.
Jangan lupa
untuk mendokumentasikan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul disitu. Para
calon penanya akan sangat terbantu karena jawabannya bisa didapatkan dengan
cepat, dan anda sendiri juga akan terbantu karena volume pertanyaan menjadi
berkurang. Selain itu, disini juga masih terikat dengan ketentuan umum netiket
yang pernah kita bahas sebelumnya seperti penggunaan huruf kapital, pengutipan
bagian seperlunya atau bahkan perlakuan terhadap private message, dan
lain-lain.
Itulah
beberapa netiket yang seyogyanya diperhatikan oleh para netter. Demikian, agar
NETIKET ini dapat menjadi acuan kita dalam berdiskusi dimanapun forum diskusi
internet berada. Saya lebih suka mengatakan bahwa etika berinternet itu tidak
tertulis seperti ini karena etika adalah undang-undang tak tertulis seperti di
dunia nyata namun tetap saja etika ini perlu diketahui agar dapat bertindak
sesuai dengan norma dan etika yang ada. Etika ini akan selalu berubah seiring
jaman dan menyesuaikan tempan , sikon, dll. Bersifat dinamis.
Aturan Inti Netiquette :
1.
Kita semua manusia, bahkan saat berada di Internet sekalipun. Ingatkan orang
lain jika melakukan flaming. Flaming adalah ketika seseorang atau
sekelompok orang mengekspresikan hal‐hal negatif mengenai situasi
tertentu. Alasan untuk mengingatkan orang yang melakukan hal ini adalah karena
beberapa orang mungkin tidak tahu jika orang tersebut sedang melakukan flaming.
2.
Ikuti aturan seperti di kehidupan nyata saat online. Bersikap dan bertindak
dengan selalu memperhatikan etika, dan jangan buru‐buru
menyimpulkan sesuatu.
3.
Ingatlah di mana berada ketika sedang online. Netiquette bervariasi dari satu
tempat ke tempat yang lain. Tidak semua orang mengikuti aturan yang sama.
4.
Hormatilah orang lain ketika Anda sedang online.
Contoh kasus netiquette
Ada
seseorang yg membuat thread di www.kaskus.us tentang penjualan barang elektronik
yaitu handphone lalu di thread yg di postkan oleh orang td itu ada orang yg
mengomentari threadnya dengan cara memaki maki mengeluarkan kata kata yg sangat
kasar dan menjatuhkan reputasi si pembuat thread tersebut . lalu comment itu
pun langsng di hapus oleh admin yg bertugas di situs tersebut.
Fungsi
Netiquette
berfungsi sebagai seperangkat pedoman umum yang dapat membuat komunikasi
internet yang berguna dan sipil. Misalnya, mengirimkan puluhan surat berantai
email ke teman mungkin tampak seperti pengalihan menyenangkan, tetapi dapat
menjadi jengkel ke orang yang menerima mereka. Mengirim volume besar email
impersonal atau pesan lain kepada orang lain dikenal sebagai “spam” dan sering
disukai. Ada aturan umum tertentu, seperti mengirim “spam,” yang umumnya
dianggap etiket buruk di Internet, namun komunitas online tertentu mungkin
memiliki budaya mereka sendiri dan standar netiket.
Manfaat
Netiquette
dapat bermanfaat dalam hal itu dapat mencegah orang dari mengirimkan komunikasi
perlu yang dapat membuang-buang waktu orang lain. Hal ini juga dapat mencegah
orang dari posting konten yang tidak patut atau jelek di Internet. Misalnya,
teks ditulis dalam huruf kapital bisa sulit untuk membaca dan mengetik dalam
huruf kapital sering dianggap “berteriak” dalam komunikasi online dan disukai
di komunitas internet banyak.
Fitur
Fitur dari
netiket dapat bervariasi secara signifikan dari satu komunitas web yang lain
tetapi ada beberapa standar yang diterima secara umum di Internet. Lain
kemudian menahan diri dari penggunaan spam dan huruf kapital yang berlebihan,
menahan diri dari membuat komentar cabul atau diskriminatif juga merupakan
aturan umum. Indiana University merekomendasikan menulis online informasi dalam
paragraf ringkas dengan kapitalisasi yang tepat dan tanda baca dan menjadi
bijaksana dengan bahasa Anda, terutama di forum-forum publik dan ketika menulis
komunikasi kelompok, seperti email massal.
Identifikasi
Bila
pengguna baru untuk sebuah komunitas web, seperti forum web baru, masyarakat
mungkin telah menerima aturan netiket bahwa pengguna tidak akrab dengan. Hal
ini dapat membantu untuk mengamati dan membaca komunikasi anggota lain dari
komunitas web untuk mengambil pada netiket diterima.
Pertimbangan
Beberapa
pengguna internet keluar dari jalan mereka untuk mematahkan aturan yang telah
ditetapkan netiket. Orang-orang yang membuat pesan khusus untuk menghasut
kemarahan, menyebabkan diskusi gunanya atau orang lain kejut kadang-kadang
menyebut “troll internet.” Menanggapi orang-orang yang membuat pesan khusus
untuk mendapatkan kenaikan dari orang lain dikenal sebagai “memberi makan troll
itu.” Penghinaan Online dan pelanggaran lain dari netiket kadang-kadang disebut
“menyala.” Kedua “trolling” dan “menyala” dianggap netiket yang buruk.
sumber : http://alfinazrialdy.blogspot.com/2012/09/netiquette_6199.html