Do it yourself, Hasil searching sana-sini akhirnya menemukan tutorial service aki jenis MF(Free Maintenance) yg masuk logika ane & udah ane uji cobakan tentunya.. oke gan yg punya aki kering jangan langsung dibuang.. sayang duitnya bisa ditabung or buat yg lain.. :) berikut tutorial service aki kering / accu free maintenance :
Sebagian besar masyarakat otomotif/para pemilik kendaraan beranggapan
bahwa aki kering yang dimilikinya benar-benar kering tidak ada unsur
cairan elektrolit didalam aki. pendapat tersebut perlu diluruskan. aki
tipe ini tetap memakai cairan elektrolit, tipe aki ini disebut VRLA
battery (valve-regulated lead–acid battery) yang juga dikenal sebutan
sealed battery (Aki disegel)
Aat yang dibutuhkan untuk servis aki kering
- Obeng min
- Lakban or lem
- Charger accu
- Suntikan 20 ml bekas tinta printer
- air suling, sumur, hujan, air minum mineral atau air teh semua bisa pakai.
- Kacamata penutup mata
Berikut gambar Anatomi Tipe Aki VRLA battery :
Ciri-ciri aki kering/VRLA yang Dapat di servis atau diperpanjang umurnya diatas 1 tahun
- Pagi hari tidak kuat stater setelah kendaraan jalan aki kembali kuat untuk stater.
- Test charging : aki motor masih dapat menerima input arus listrik
sebesar 2,5 s/d 7 amper dan khusus aki mobil 7 s/d 12 ampere.
- Masih bisa menerima kisaran 12 sampe 14,7 volt waktu charge.
Contoh Tipe aki VRLA Battery:
Langkah 1 : Tutup koper aki dibuka pakai obeng minus lakukan dengan hati-hati jangan sampai tangan terluka
Langkah 2 : Buka tutup karet simpan jangan sampai hilang. Hati-hati waktu membuka karet penutup karena cairan lead acid akan keluar semacam uap panas jauhkan mata dari jangkauan uap / gas dari lead acid, untuk mengurangi resiko gunakanlah kacamata sebagai pengaman.
Langkah 3 : Ambil air suling sedot pakai suntikan sebanyak 10 - 15 mili,
kemudian masukan kedalam lubang-lubang aki sebanyak enam lubang.
lakukan dengan hati-hati, utamakan keselamatan. Perhatikan baik-baik untuk pengisian air suling (Air destilasi) jangan sampai penuh sisakan ruang kira2 1 cm dari ujung tutup. untuk pemuaian lead acid agar ada ruang gas bergerak.
Langka 4 : lakukan pengecasan selama 2 s/d 3 jam ciri aki kering
super bagus : penerimaan input arus listrik 5 s/ 7 amper : kondisi
sedang 2,5 s/d 5 amper
Untuk pengecasan saya sarankan sebaiknya gunakan 10% dari ampere aki tersebut (berlaku untuk semua baterai agar sel baterai tidak rusak/awet dengan kata lain
Terlalu besar pengisi daya
dapat merusak aki dan terlalu kecil akan memakan waktu lebih lama untuk
pengisian ulang aki), Untuk voltase charger gunakan 110% s/d 115 % dari volt aslinya, saya contohkan maka tegangan charger harus berkisar 13,2 sampe 13,8 Volt jika lebih akan terjadi over voltage , over voltage akan mengakibatkan kerusakan sel aki. Disini saya sedang ngechas aki kering untuk honda supra X125 saya merk GS type gtz5s dengan spesifikasi 12 volt 3,5 A menggunakan trafo 2 Ampere dengan alat charge automatic cut off. jika alat chas manual estimasi waktu pengecasan bisa dihitung sebagai berikut di link disini
http://www.csgnetwork.com/batterychgcalc.html
Langkah 5: setelah pengecasan selesai pasang kembali 6 buah tutup karet,
kemudian koper casing plastiknya tutup sisi-sisinya dengan lakban,
ventelasinya jangan ditutup. setelah ditutup gunakan lem tembak pada sisi tutup paling atas agar kerapatan terjamin.
alat lem tembak :
Title : Service Aki kering tipe MF (Free Maintenance)
Description : Do it yourself, Hasil searching sana-sini akhirnya menemukan tutorial service aki jenis MF(Free Maintenance) yg masuk logika ane & udah...